08 Mei 2009

TIRE GUARD



TIRE GUARD adalah sebuah formula yang didesain secara khusus untuk melindungi ban kendaraan agar tidak kempis jika tertusuk paku atau benda tajam lainnya pada saat ban sedang berputar, baik dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

TIRE GUARD menjaga ban tidak kempis dalam waktu yang lama* tanpa perlu menambal bagian yang tertusuk, dan dapat diaplikasikan baik pada ban dalam maupun ban tubeles.

TIRE GUARD dengan aman melindungi ban walaupun tertusuk beberapa kali* tanpa harus mengganti atau menambalnya, kecuali ban tersebut sobek / meletus.
*Tergantung pada kondisi tertentu

Spesifikasi TIRE GUARD :
Kemasan :
- Ukuran kemasan per unit = 5 x 5 x 15 cm
- Isi botol dengan per unit = 200ml

Kelengkapan isi :
- 1 buah selang pengisian
- 1 pembuka tutup pentil logam
- 1 lembar Petunjuk Pemakaian

Karakteristik bahan TIRE GUARD :
- Dapat di aplikasikan untuk ban tubeless dan ban dalam
- Tidak mudah terbakar
- pH pada saat pengemasan 7-8
- Stabil di segala temperatur dalam ban
- Beracun jika masuk ke saluran pencernaan
- Larut dalam air dan mudah terurai di lingkungan
- Jika terkena kulit, cukup bilas dengan air dan sabun (walaupun sebenarnya tidak berbahaya),
- Cepat bereaksi membentuk flokulan menutup bagian ban yang berlubang

Volume / ukuran Pemakaian :
Sepeda : 100 ml (1/2 botol) per ban
Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 26, & 28.
Section Widht dan Sidewall Aspect Ratio : Semua ukuran.

Sepeda Motor : 200ml (1 botol) per ban
Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 20 & 21
Section Widht dan Sidewall Aspect Ratio : Semua ukuran.

Mobil dan ATV : 400ml (2 botol) per ban
Rim Sizes (inch) : 8, 10, 12, 13, 14, 15 & 16
Section Widht dan Sidewall Aspect Ratio : Maksimal 80%

Cara Pemakaian TIRE GUARD :



Catatan :

Beberapa kali ditemukan kasus bahwa ada Ban dalam yang memiliki dasar lubang kecil, sehingga agar cairan Tire Guard® bisa masuk lubang tersebut harus diperbesar (dengan paku/kawat/obeng kecil). Pada waktu proses pengisian, botol harus perlahan ditekan kuat secara berulang-ulang sampai cairan Tire Guard® bisa masuk seluruhnya. Untuk ban yg non-tubeless cairan di masukan ke ban dalam bukan ban luar (ban non-tubeless)

Cara Kerja TIRE GUARD :

Jika TIRE GUARD sudah dimasukan ke dalam ban (tube/tubeless) melalui lubang pengisian angin (pentil), maka setelah dijalankan kira2 3-5 km, akan melumasi bagian dalam ban dan memberntuk sebuah lapisan yang melindungi ban dari dalam.

Ketika roda kendaraan kita melintas sesuatu yang tajam hingga ada angin yang menerobos keluar secara tiba-tiba, maka karena gaya sentrifugal dari rotasi ban yang berputar akan mendorong TIRE GUARD ke bagian lubang hingga membentuk flokulan yang secara spontan menutup kebocoran.

Flokulan yang terbentuk akan semakin kuat seiring dengan adanya gaya sentrifugal dan sentripetal, ditambah dengan tekanan angin dalam ban yang fluktuatif akibat roda berjalan di permukaan jalan yang tidak rata.

Proses penutupan lubang kebocoran ini berlangsung dalam waktu cepat dan sangat sedikit angin yang terbuang selama proses ini. Dalam kondisi kendaraan berjalan lubang akan tertutup sempurna dalam waktu kurang dari 3 detik saja.

Hal-hal yg perlu di ketahui dalam pemakaian TIRE GUARD :

Segera cabut paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dan posisikan bagian ban yang terkena paku di bawah. Saat mencabut paku, goyangkan paku perlahan–lahan sampai ditarik dan jika masih ada kebocoran putar roda beberapa kali perlahan–lahan sambil sesekali lubang yang bocor dipukul/diketuk-ketuk dengan palu (pemukul), setelah itu kendaraan dijalankan minimal 1–2 km. Sebaiknya cabut paku pada saat akan melakukan perjalanan, dengan demikian proses penyumbatan berlangsung lebih sempurna karena Flokulan akan terbentuk semakin kuat seiring dengan adanya gaya sentrifugal dan sentripetal, ditambah dengan tekanan angin dalam ban yang fluktuatif dalam masa tersebut.

TIRE GUARD tidak dapat berfungsi dengan maksimal jika Ban dalam sobek besar setelah terkena paku atau benda tajam.
TIRE GUARD tidak dapat berfungsi dengan maksimal jika kebocoran berasal dari samping atas, sobek di bagian pentil atau dibagian atas (sekitar velg).

Pemakaian pada ban yang telah ditambal kanisir dimana pemasakannya kurang matang, bisa menimbulkan efek kapilaritas, sehingga flokulan yang terbentuk tidak sempurna. Jika beberapa waktu (jam, hari) setelah terjadi penurunan tekanan angin ban berkurang, segera tambah angin...hal ini mungkin terjadi karena proses flokulasi belum terbentuk sempurna karena beberapa kondisi. Jangan kuatir, hal ini jarang sekali terjadi dan penurunan tekanan angin berlangsung sangat lambat, jadi anda punya banyak waktu untuk mencari tempat pengisian angin. Dapat diisikan langsung ke Ban yang sudah bocor dijalan (kempis) tanpa harus ditambal, tetapi cukup langsung diisi angin. (Catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban pecah/meletus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar