08 Mei 2009

KODE BAN

LOAD & SPEED INDEX

Pernahkah Anda melihat secara rinci data spesifikasi teknis di buku pedoman motor, terutama mengenai ban. Sebagai contoh di Honda Supra. Pada spesifikasi teknis tertera ukuran ban depan, 2,50-17 38L dan ban belakang 2,75-17 41P.

Angka 2,50-17 dan 2,75-17 adalah ukuran tapak, profil dan diameter ban. Dan mungkin hal tersebut sudah banyak diketahui oleh para pengendara motor. Tetapi apa makna deretan huruf dan angka di belakangnya? Banyak yang menyebut angka atau huruf tersebut adalah acuan untuk load dan speed index.

Speed index atau indeks kecepatan tertera pada huruf di belakang angka penunjuk diameter roda. Pada Honda Supra, huruf yang tertera adalah L pada ban depan dan P pada ban belakang. L artinya batas kecepatan maksimumnya adalah 120 km/jam, sedangkan P memiliki batas kecepatan maksimum 150 km/jam.

Sementara itu, load index atau indeks beban bisa dilihat dari angka di depan speed index. Di Honda Supra, yang tertera adalah 38 untuk depan dan 41 untuk belakang. Artinya roda depan bisa membawa beban 132 kg dan roda belakang maksimum membawa beban 145 kg.

Berikut ini tabel lengkap load dan speed index.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar