08 Mei 2009

TIPS MERAWAT BAN



Komponen yang terbuat dari karet ini mempunyai beberapa peranan penting, salah satunya adalah untuk mendukung kenyamanan berkendara. Jadi sangatlah perlu dilakukan perawatan ban yang selain untuk mendukung fungsi utamanya juga untuk penghematan anggaran perawatan atau pengeluaran. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sesuaikan Ukuran Ban
Setiap motor dilengkapi ukuran spesifik lebar pelek. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian ukuran ban yang tidak sesuai dengan ukuran lebar pelek. Ketidaksesuaian ukuran ini bisa mempengaruhi keseimbangan laju roda depan. Selain itu, akan mempengaruhi umur ban dalam yang mudah bocor atau sobek.

Perhatikan Tekanan Ban
Tekanan udara ban yang terlalu rendah akan mempengaruhi keseimbangan laju motor. Biasanya mengakibatkan sobeknya atau pecahnya ujung bibir ban. Jadi usahakan untuk selalu melakukan pemeriksaan serta pengisian udara ban dengan tekanan yang sesuai dengan ukuran yang dianjurkan.

Periksa Kebocoran
Kebocoran ban akan berpengaruh pada penurunan tekanan ban. Jika memang kebocoran terjadi akibat tertancap benda tajam bisa langsung diatasi, namun jika kebocorannya tidak terlalu drastis, ini jelas merugikan. Kasus seperti ini dinamai bocor halus. Periksa kebocoran pada pentil, caranya dengan melepas penutup pentil dan tes kebocorannya menggunakan air sabun yang diusapkan ke lubang pentil. Jika terbentuk gelembung udara, maka bisa dipastikan lubang pentil tersebut bocor. Langsung keraskan pentil dengan alat pengencangnya yang ada di tutup pentil. Namun apabila masih bocor, dapat dipastikan pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Langkah kedua, periksa kebocoran ban dalam, caranya dengan memompa ban dengan tekanan lebih besar. Dengan cara ini, lubang akan semakin membesar dan akan mudah ditemukan dengan dimasukkan ke dalam air.

Periksa Keausan Ban
Keausan ban adalah hal yang wajar terjadi pada ban. Namun jika keausannya terlalu cepat, hal ini wajib dicurigai. Bisa jadi penyebabnya adalah berat beban yang terlalu berlebihan. Selain itu, juga cara mengoperasikan motor yang terlalu cepat atau ngebut kemudian melakukan pengereman secara mendadak.

Kritis Memilih Jalan
Untuk menjaga keawetan ban, hindari pemilihan jalan yang rusak atau berlubang. Keseringan menghantam jalan yang hancur akan cepat merusak lapisan permukaan karet ban. Jadi, alangkah baiknya jika dalam mengendarai motor, pilihlah jalan yang mulus, datar dan rata.

Perhatikan Faktor Cuaca
Suhu dan cuaca juga dapat mempengaruhi keawetan ban. Kondisi jalan musim kemarau yang panas akan menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek akibat beban interaksi panas yang kontinu. Dibandingkan musim hujan, karet ban akan lebih berumur panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar